AWAL 2020, dunia gempar dengan pandemi Covid-19. Pandemi ini sangat berdampak pada seluruh bidang yang ada, tak terkecuali bidang pendidikan. Pendidikan formal yang biasanya berjalan secara langsung di sekolah dengan melakukan tatap muka kini tidak lagi.
Jalan keluarnya adalah dengan melakukan pembelajaran melalui daring. Dengan memanfaatkan perangkat gawai, jaringan internet dan suatu platform diharapkan dapat menjadi jalan keluar yang bisa digunakan secara maksimal.
Tenaga pendidik dan peserta didik harus membiasakan diri untuk dapat melakukan proses belajar mengajar dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dalam proses kegiatan belajar-mengajar seorang guru harus melakukan penilaian atau evaluasi setelah menyampaikan materi.
(Baca Juga : Tantangan Edukasi di Masa Pandemi Covid-19)
Penilaian ini untuk mengukur prosentase penguasaan siswa terhadap materi. Bentuk penilaian tidak hanya berpatokan pada penilaian tertulis tapi juga secara lisan. Media pembelajaran yang menggunakan teknologi digital yaitu media pembelajaran berbasis e-learning.
Metode ini merupakan contoh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat digunakan sebagai sarana guru dan peserta didik. Ini untuk mempermudah suatu proses pembelajaran dengan harapan tercapainya tujuan pembelajaran. Salah satu jenis e-learning yang ada di Indonesia adalah Quizizz. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi kuis multiplayer.
Guru dan peserta didik dapat mengakses dan memaknkan Quizizz secara bersama, ataupun untuk penugasan peserta didik di rumah. Hasil dari penugasan tersebut dapat menjadi bagian untuk penilaian oleh guru. Di aplikasi ini sudah terdapat koleksi kuis, peserta didik juga dapat dengan mudah mengaksesnya.
Interaktif
Quizizz ini sangat cocok dalam membangun pembelajaran yang interaktif, karena peserta didik dapat mengerjakan kuis secara bersamaan dengan teman sehingga mereka dapat mengetahui ranking dalam menjawab kuis tersebut.
Penggunaan Quizizz sebagai media pembelajaran yang berbasis e-learning terutama pada pembelajaran daring, dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam suatu proses pembelajaran.
Melalui aplikasi Quizizz yang menarik dan mengasikkan untuk suatu pembelajaran dengan penerapan sistem belajar sambil bermain, dapat menjadi daya tarik tesendiri bagi peserta didik dalam proses pembelajaran.
(Baca Juga : Role Playing Tingkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa SD)
Dengan adanya aplikasi ini juga mempermudah peserta didik dalam memahami suatu materi pembelajaran menggunakan daring, sehingga motivasi belajarnya semakin bertambah. Aplikasi Quizizz memungkinkan pendidik untuk membuat suatu penilaian formatif dengan mengemas secara menarik bagi peserta didik.
Guru dapat mengunduh data statistik hasil pekerjaan siswa dan dapat menggunakan sebagai data hasil penilaian. Kuis ini bisa sebagai PR bagi siswa dan mereka dapat memainkan kapan saja dan dimana saja, asalkan tidak melebihi batas waktu yang ditentukan.
Terlepas dari kekurangan dan kelebihannya, aplikasi Quizizz ini, guru dapat menggunakan sebagai alternatif dalam penilaian harian yang lebih bervariasi untuk mengatasi kebosanan siswa. Guru pun cukup mudah mengoperasikan aplikasi ini saat guru bertindak sebagai admin/pembuat soal. Ini cukup mudah juga bagi siswa saat mengerjakan soal dengan catatan jaringan internet bagus dan kuota internet cukup. (ri-4)
Ambar Sulistiyani, S.Pd. Guru SMPN 3 Kalibagor.